sekilas tentang Sekolah Republik Indonesia Tokyo

Sekolah ini berdiri sejak tahun 1962, melalui SKB Menlu dan Mendikbud RI No.191/81/01 dan 051/v/1981. jenjang pendidikan sekolah ini adalah TK sampai SMA. disamping mengemban misi pendidikan, khususnya bagi warga indonesia yang berada di Tokyo, sekolah ini juga mengemban misi budaya, serta mempertebal rasa patriotisme dan semangat kebangsaan. bangunan sekolah ini dibangun sepenuhnya atas biaya dari pemerintah Republik indonesia.

jumlah lulusannya sejak tahun 1976 adalah 763 orang, sedangkan jumlah muridnya untuk tahun 2005-2006, TK 15 siswa, SD 41 siswa, SMP 12 siswa, SMA 16 siswa, jumlah keseluruhan 84 siswa.

jumlah gurunya 24 orang, dengan perincian 7 orang guru/karyawan tetap, dan 17 orang guru/karyawan tidak tetap. diantara 7 orang guru/karyawan tetapnya, hanya 4 orang sebagai PNS. proses penerimaan guru tetap ini dilakukan di Indonesia, sedangkan untuk guru tidak tetap dilaksanakan di Jepang.

para orang tua siswa adalah mereka yang sedang bekerja pada kedutaan republik indonesia, cabang-cabang BUMN di Tokyo, yang sedang melanjutkan study, yang sedang bekerja, dan yang menikah dengan orang jepang dan menghendaki anaknya bersekolah di SRIT Tokyo.

sekolah ini menggunakan kurikulum KTSP (kurikulum tingkat satuan pendidikan) dengan struktur program kurikulum sebagai berikut

  1. SD kelas 1-6 : 10 mata pelajaran
  2. SD kelas 1-3 : 11 mata pelajaran
  3. SMA : 16 mata pelajaran

salah satu penekanan kurikulumnya adalah pada materi UNAS. siswa SD juga sudah dikenalkan dengan budaya penelitian dasar. mereka sudah dikenalkan dengan cara pemakaian power point. juga siswa ditekankan untuk mempunyai kepedulian sosial yang tinggi.

materi pelajaran SD: agama 3 jam, kewarganegaraan 2 jam, bahasa indonesia 5 jam, bahasa inggris 2 jam, bahasa jepang 2 jam, matematika 5 jam, sains 4 jam, IPS 3 jam, seni budaya dan ketrampilan 4 jam, olahraga dan kesehatan 2 jam, total 32 jam.

mata pelajaran SMP: agama 2 jam, kewarganegaraan 2 jam, bahasa indonesia 4 jam, bahasa inggris 4 jam, bahasa jepang 2 jam, matematika 4 jam, sains/IPA 4 jam, IPS 4 jam, seni budaya dan ketrampilan 2 jam, olahraga dan kesehatan 2 jam, tknologi informasi dan komunikasi 2 jam total 32 jam.

mata pelajaran SMA: agama 2 jam, kewarganegaraan 2jam, bahasa indonesia 4 jam, bahasa inggris 4 jam, bahasa jepang 2 jam, matematika 4 jam, fisika 2 jam, kimia 2 jam, biologi 2 jam, geografi 1 jam, sejarah 1 jam, sosiologi 2 jam, seni budaya 2 jam, olahraga dan kesehatan 2 jam, teknologi informasi dan komunikasi 2 jam, pengembanan diri 2 jam, total 36 jam.

setiap setahun sekali diadakan lomba apreasi SILN ( sekolah indonesia luar negeri) yang tempatnya bergiliran. SILN seluruhnya ada 14 sekolah, yaitu Tokyo, Bangkok, Yangon, Davao, Singapura, Kuala lumpur, Belanda, Jeddah, Riyadh, Makkah, Damaskus, Kairo, Moskow dan Beograd. materi yang diperlombakannya adalah: lomba karya ilmiah, lomba seni tari, lomba seni suara, lomba inovasi media pembelajaran guru dan lomba inovasi manajemen sekolah (kepala sekolah). juga diadakan pelatihan guru setiap setahun sekali yang tempatnya bergiliran juga.

bangunan sekolah ini dibangun seluruhnya atas biaya pemerintah. namun untuk pembiayaan kegiatan pendidikannya pemerintah hanya menyumbang 30%, 10% dari sumbangan BUMN yang ada di Tokyo, seperti pertamina, garuda, BNI dan aneka tambang, dan sisanya 60% dari iuran murid. besar iuran murid bervariatif antara 6000 yen sampai 35.500 yen, tergantung besar income orangtuanya.

sekolah indonesia ini tidak dapat mengeluarkan ijazah atau keterangan apapun selain bagi mereka yang sekolah di sini. tapi bagi warga selain Tokyo yang ingin merasakan pendidikan sekolah ini dan ingin mendapatkan Ijazah dari sekolah ini bisa koordinasi dengan mengirim surat permohonan ke KBRI tokyo. syaratnya harus menyediakan ruangan belajar dan minimal ada15 anak dalam satu jenjang. contohnya ada 15 anak untuk jenjang SD, perbedaan kelas tidak menjadi masalah. atau ada 15 anak untuk jenjang SMP dan SMA. nanti pihak sekolah akan mengirim gurunya seminggu sekali.

One response to “sekilas tentang Sekolah Republik Indonesia Tokyo

  1. ust deden gmn cara ana bisa bergabung he……………syukron

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s