Kegiatan Sosial Kemasyarakatan di Ponpes Al-ittifaq

Pondok pesantren al ittifaq merupakan salah satu pesantren agrobisnis yang berbasis masyarakat. Pesantren ini berada di desa Alam Endah kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung Jawa barat. Kiprah pesantren ini dalam membantu meningkatkan kesejahteraan dan pendidikan masyarakat telah diakui berbagai pihak, baik swasta maupun pemerintah. Kontribusi pondok pesantren al ittifaq kepada masyarakat tidak lepas dari peran serta pimpinannya, Fuad Affandi, yang selalu berusaha memberdayakan sumberdaya yang berada di desa Alam Endah. Beberapa penghargaan telah diterima fuad Affandi, diantaranya dalam bidang pendidikan pada tahun 1998, menerima penghargaan Tut Wuri Handayani Award, sebagai tokoh pendidikan swasta, penghargaan ini diberikan oleh International Management Indonesia, juga pada tahun yang sama fuad affandi mendapatkan penghargaan Satya Lencana Wirakarya Nugraha dari Presiden B.J. Habibie sebagai tokoh yang berhasil berkarya untuk masyarakat. Kemudian pada tahun 2003 pesantren al ittifaq mendapatkan anugerah Kalpataru dari presiden Megawati, anugerah ini diberikan kepada fuad affandi atas kontibusinya sebagai penyelamat lingkungan hidup. Juga pada tahun 2005 pondok pesantren ini dikategorikan sebagai lembaga mandiri yang mengakar di masyarakat (LM3) oleh department pertanian. Lembaga mandiri yang mengakar di masyarakat (LM3) merupakan lembaga mandiri yang tumbuh dan berkembang di masyarakat dengan kegiatan meningkatkan gerakan moral melalui kegiatan pendidikan dan keterampilan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Alittifaq

Alittifaq berasal dari bahasa arab yang berarti kerjasama atau kebersamaan, kerjasama yang dimaksud disini adalah kerjasama dalam semua bidang untuk mencapai tujuan. “Tidak ada pekerjaan yang susah bila dikerjakan bersama-sama” kata salah seorang pimpinan al ittifaq, Ahmad.

Dalam berbisnis, Kerja sama yang dijalin al ittifaq merupakan kerja sama yang lintas agama, lintas golongan dan lintas Negara. Kebersamaan ini adalah hasil kerja keras Fuad Affandi yang selalu berusaha menanamkan kebersamaan dalam jiwa santrinya dan jiwa masyarakat sekitar pondok. Al ittifaq bersifat terbuka terhadap perubahan perubahan yang terjadi di sekitarnya yang dianggap berguna bagi keberlangsungan pondoksehingga hal ini memudahkan pihak manapun untuk bekerjasama dengan al ittifaq.

Kunci kesuksesan al ittifaq adalah kebersamaan yang selalu ditanamkan fuad affandi kepada para anggotanya, mereka dididik untuk tidak mementingkan kepentingan diri sendiri, mereka dituntut untuk saling tolong menolong dalam segala hal.

 

Kelompok Tani

Bentuk kerjasama antar warga masyarakat diwadahi dalam Kelompok Tani. Fuad affandi sendiri pertama kali mendirikan kelompok tani pada tahun 1988. jumlah kelompok tani yang berada dibawah naungan pesantren al ittifaq adalah 5 kelompok tani dengan jumlah KK atau kepala keluarga kurang lebih 446 KK. Berikut perinciannya:

  1. Kelompok tani Al-Ittifaq dengan jumlah anggota kurang lebih 300 orang, terdiri dari santri dan guru.
  2. Kelompok tani one dengan jumlah anggota kurang lebih 380 petani.
  3. Kelompok tani HMS ( Hasil Melak Sayur ) dengan jumlah anggota kurang lebih 28 orang.
  4. Kelompok tani Jampang Endah dengan jumlah anggota kurang lebih 25 orang.
  5. Kelompok Tani Tunggul Endah dengan jumlah anggota kurang lebih 13 orang


 

Semenjak fuad affandi mengembangkan system agribisnis di pesantren Al ittifaq dan bermitra dengan KUD dan supermarket pada tahun 1991, intensitas hubungan pesantren dengan masyarakat diluar pondok menjadi meningkat. Masyarakat yang ingin menjual produk pertaniannya ke supermarket harus melalui pesantren, karena sampai saat itu hanya produk sayuran pesantren al ittifaq yang bisa menembus supermarket.

hubungan antara pesantren dan masyarakat ini dimanfaatkan fuad affandi sebagai tokoh masyarakat dan pimpinan pondok pesantren, untuk terus memupuk kebersamaan diantara mereka disamping membantu mengajarkan cara bercocok tanam yang benar. Sampai sekarang selama sebulan sekali di pesantren al ittifaq selalu diadakan penyuluhan tentang pertanian oleh pesantren kepada kelompok tani.

Para anggota kelompok tani ini sebagian besar berdomisili di desa alam endah, tetapi ada juga yang berasal dari sekitar desa alam endah. Begitupun lokasi tanah yang dipakai untuk bercocok tanam, hanya kurang lebih 6 hektar yang berada di desa alam endah.

 

KOPONTREN

Pada tahun 1997 fuad affandi secara resmi mendirikan KOPONTREN, atau koperasi pondok pesantren yang secara langsung membawahi GAPOKTAN, gabungan kelompok tani. Keberadaan koperasi ini sangat membantu sekali para anggota kelompok tani, terutama anggota kelompok tani yang kurang mampu. Karena disamping membeli sayuran yang dihasilkan para petani, KOPONTREN juga memberikan bantuan pinjaman modal kepada anggotanya dengan tingkat suku bunga yang rendah sekali.

Simpanan sukarela anggota Kopontren al ittifaq tergolong besar sekali, setiap minggunya hampir sekitar Rp 3.500.000 bisa terkumpul. Dana ini digunakan Kopontren untuk membantu anggota kelompok tani yang kurang mampu dalam masalah permodalan. Kopontren memberikan kemudahan dalam Aturan pengembalian dana pinjaman. Para petani diperbolehkan mengembalikan pinjamannya setelah masa panen. Hal ini sangat membantu sekali para petani, karena mereka tidak terbebani untuk mengembalikannya setiap bulan.

Disamping dari anggota kelompok tani, dana simpanan sukarela juga didapatkan dari anggota majlis taklim al ittifaq yang datang kepengajian di pesantren setiap seminggu sekali.

 

Pengajian Mingguan

Bukan hanya masalah pertanian saja yang dibina alittifak, tetapi masalah kerohanian dan masalah socialpun jadi materi pembinaan alittifaq atas masyarakat sekitar. Setiap seminggu sekali pada hari selasa malam, di alittifaq selalu diadakan pengajian mingguan yang dipimpin langsung oleh fuad affandi. Para anggota pengajian tidak hanya berasal dari anggota kelompok tani dan masyarakat sekitar yang tinggal dekat pesantren, tetapi sebagian mereka juga berasal dari tempat yang agak jauh.

Pengajian ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting sekali dalam proses interaksi pesantren dan masyarakat. Melalui pengajian inilah ide ide fuad affandi disampaikan. Gaya bicaranya yang selalu diiringi tawa para jemaah, membuat mereka tidak bosan mengikuti pengajian ini.

 

PSAA (Panti Sosial Asuhan Anak)

Disamping menerima santri yang tidak mampu, pesantren aliitifaq juga menerima santri yang tidak punya orang tua dan santri yang kecanduan obat-obatan yang berasal dari keluarga yang tidak mampu.

Para santri yang kecanduan obat-obatan dikumpulkan dalam satu asrama agar tidak mempengaruhi rekannya yang lain. Mereka dikumpulkan di mesjid setiap malam jumat untuk berdzikir bersama sebagai salah satu metode pengobatannya. Mereka juga diberi tugas pertanian yang agak ringan dibandingkan dengan santri normal yang lain, seperti membersihkan sayuran ataupun mengantarkan sayuran ke pasar. Tugas ini sengaja diberikan untuk membantu mereka melupakan kebiasaan buruknya.

Pemerintah juga melalui departemen social ikut membantu para santri yang kecanduan obat-obatan ini dengan memberikan bantuan makanan senilai Rp 20 juta. Bantuan ini diterima pesantren hanya sekali. Program ini merupakan salah satu program departemen social yang disebut KUBE atau kelompok usaha bersama.

 

RBM ( rehabiliasi berbasis masyarakat)

Alittifaq juga mempunyai usaha perkayuan yang disebut RBM. Disamping menyediakan kebutuhan pesantren dan masyarakat sekitar akan produk perkayuan seperti meja tulis dan produk kayu untuk perumahan, al ittifaq juga memberikan kesempatan kepada santri bekas pecandu obat-obatan untuk belajar perkayuan disini. Mereka diajarkan keterampilan keterampilan yang akan berguna untuk bekal mereka setelah keluar dari pesantren, seperti cara membuat lemari, meja tulis, kursi, dll. Sampai sekarang sudah 46 santri yang telah diberikan pendidikan khusus perkayuan di RBM ini.

 

Networking

Salah satu Strategi yang diterapkan alittifaq untuk menjaga keberlangsungan hubungannya dengan masyarakat diluar pesantren, khususnya masyarakat desa Alam Endah adalah dengan menciptakan networking yang kuat. Di desa Alam Endah ada sekitar 36 mesjid yang dibangun atas kerja sama pesantren, kelompok tani dan masyarakat. Semua DKM atau dewan keluarga mesjid, atau dewan yang mengurusi seputar kegiatan di mesjid yang berupa kegiatan kerohanian dan pendidikan, adalah santri alumni alittifaq. Hampir semua mesjid ini menyediakan pengajian bagi anak anak di sekitar mesjid. Bangunan mesjid yang dibangun pun tergolong sangat bagus untuk ukuran mesjid pedesaan dengan. Biaya pembangunan mesjid berkisar antara Rp150 –Rp 260 juta.

disamping itu terdapat juga beberapa pesantren Alumni alittifaq, diantaranya:

  1. Al-ittifaq 2 yang berlokasi di Sindang Kerta Cililin, dengan jumlah santri 40 orang, pesantren ini didirikan pada tahun 1996.
  2. Cabang Al-Ittifaq yang berlokasi di Cidaun Cianjur, dengan santri kurang lebih 60 orang, berdiri pada tahun 1987.
  3. Ar-rosyidin, yang berlokasi di Langkob, Alam Endah Ciwidey. dengan santri baru 10 orang. berdiri pada tahun 1999.

 

Keberaadaan pesantren ini mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keberlangsungan Alittifaq. Informasi tentang pesantren alittifaq bisa didapatkan dari pondok pondok alumni ini. Dari 326 santri al ittifaq, kurang lebih 70% atau 226 santri berasal dari daerah Cidaun Cianjur. Disamping itu memang cidaun termasuk daerah miskin.

Beberapa program hasil kerja sama antara alittifaq, kelompok tani dan masyarakat bisa dilihat dari daftar dibawah ini:

  1. Kerjasama pesantren dengan masyarakat setempat dalam pembangunan mesjid yang berjumlah 36 buah di Desa Alam Endah, dengan biaya pembangunan antara Rp 150-260 juta per mesjid.
  2. Kerja sama pesantren dengan masyarakat dalam pengaspalan semua jalan di desa Alam Endah
  3. Program sunatan masal dengan kuota untuk seorang anak, dengan biaya Rp 450.000 per anak.
  4. Bantuan pembuatan 10 rumah pertahun bagi para santri.
  5. Bantuan rehab 5 rumah warga yang tidak mampu.
  6. hampir semua bangunan pondok berasal dari swadaya masyarakat.
  7. setiap tahun al ittifaq memberangkatkan 26 warga untuk ibadah haji.

    2 responses to “Kegiatan Sosial Kemasyarakatan di Ponpes Al-ittifaq

    1. Ass. pak ustad… saya sebenarnya sedang mencari tempat untuk menenangkan jiwa saya yang sedang sakit, namun selain hati saya ingin ketenangan saya juga ingin bermanfaat. jadi pondok pesantren ini tidak hanya memberikan pengetahuan agama tapi juga wira usaha. jadi apa ada lowongan staff adm mungkin, karna kalo agama saya masih perlu belajar… kalo ada tolong hubungi saya. umur saya 26. belum menikah. tinggi 160, berat 50, putih, jilbab, belum menikah. oya no telp saya 08176836463. terimakasih. Wass.

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s